jelas

Cara Kerja Jantung Manusia

Cara Kerja Jantung – Manusia memang makhluk Tuhan yang paling sempurna di antara makhluk lain. Hal itu tak lepas dari dilengkapinya organ-organ pada tubuh manusia yang begitu kompleks dan saling berkaitan satu sama lain, seperti jantung. Pernahkah Anda membayangkan bagaimana kinerja jantung ini? Mungkin bagi Anda yang belajar di sekolah kedokteran sudah paham betul cara kerja dari jantung. Namun, bagi sebagian besar orang tentu belum paham dan ingin mengetahui bagaimana sih cara kerja jantung itu? Sebenarnya, jantung merupakan organ muscular atau disebut juga dengan otot tak sadar dalam tubuh manusia yang memiliki fungsi yang begitu vital, yaitu untuk memompa darah dalam sistem sirkulasi darah manusia sehingga agar darah selalu mengalir setiap saat. Dengan melihat fungsinya yang begitu penting tersebut, tentu setiap orang harus menjaga kesehatan jantung. Sebab, jika jantung mengalami gangguan, sudah dipastikan akan mengganggu kesehatan seseorang dan bahkan bisa menimbulkan kematian. Di sisi lain, cara kerja jantung memang sepintas sederhana, hanya memompa darah. Tapi, jika dipahami secara lebih mendalam, ternyata kinerjanya begitu kompleks dan tersistematis. Lantas, bagaimana cara kerja jantung secara spesifiknya? Nah, pada pembahasan kali ini Jelas.id akan mengulas dan membagikan informasi terkait cara kerja jantung.

Cara Kerja Jantung

Cara Kerja Jantung

Namun, sebelum jauh membahas cara kerja jantung tersebut, perlu diketahui terlebih dahulu bahwa jantung manusia itu memiliki bentuk seperti buah pir yang terbalik. Letak jantung berada di dada bagian tengah, tepatnya berada di bawah tulang rusuk manusia dan diapit oleh paru-paru kanan dan kiri. Selain memiliki fungsi memompa darah, jantung juga bertugas untuk mengalirkan oksigen serta sari-sari makanan untuk disebar ke setiap sel tubuh melalui darah yang dipompa tersebut. Oleh karena itu, jika melihat fungsinya maka kinerja jantung ini sangat penting untuk menunjang kehidupan setiap manusia. Selain itu, dengan mengetahui fungsinya tersebut, tentu jantung memiliki bagian-bagian yang memiliki tugas masing-masing juga. Nah, berikut ini beberapa bagian penting yang berperan dalam cara kerja jantung.

Cara Kerja Jantung Manusia

Bagian Jantung Manusia

Seperti yang sudah diutarakan di atas bahwa cara kerja jantung yaitu untuk mengalirkan darah dengan membawa oksigen dan sari makanan untuk disebar ke seluruh tubuh. Menariknya, semua makhluk hidup hewani memiliki organ mirip jantung. Hanya saja, bagian jantung hewan dan bagian jantung manusia tak sepenuhnya sama. Dengan mengetahui tugasnya tersebut, tentu bisa dipastikan bahwa jantung tidak hanya sekedar organ otot semata. Dalam artian tersebut, meskipun fungsinya mirip-mirip, namun karena memiliki bagian yang berbeda maka tak heran cara kerja jantung manusia juga sedikit lebih rumit ketimbang makhluk hidup lainnya. Nah, ini bagian jantung manusia yang dimaksud :

  • Bagian jantung manusia ini merupakan arteri terbesar yang letaknya berada di bagian jantung sebelah atas. Fungsinya untuk membawa darah yang mengandung oksigen dari vertikel kiri untuk disebarluaskan ke seluruh tubuh manusia.
  • Pembuluh vena kava superior. Bagian jantung manusia ini terletak di bagian atas jantung juga dan berfungsi untuk membawa kembali darah yang mengandung karbondioksida dari seluruh tubuh bagian atas ke jantung.
  • Arteri Pulmonalis. Arteri ini bertugas untuk membawa darah dari jantung untuk disalurkan ke paru-paru. Fungsi bagian jantung manusia ini, untuk mengganti karbondioksida dan uap air yang ada dalam darah dengan oksigen.
  • Katup Aorta. Bagian ini merupakan sebuah katup yang memisahkan antara vertikel kiri dengan aorta. Dengan demikian, perubahan tekanan darah yang terjadi pada kedua sisi katup akan membuat katup dapat terbuka dan tertutup sehingga bisa mencegah darah mengalir ke arah yang salah. Tak terbayang bukan, ternyata bagian jantung manusia memiliki hal-hal semacam ini?
  • Atrium atau serambi. Dalam jantung, ada 2 serambi, yaitu serambi kanan dan serambi kiri. Fungsi serambi kiri yaitu menerima darah dari paru-paru yang kaya oksigen dan membawanya ke ventrikel kiri. Sedangkan fungsi dari serambi kanan dalam bagian jantung manusia adalah menerima darah dari seluruh tubuh yang kaya akan karbondioksida kemudian membawanya ke ventrikel kanan.
  • Vena Pulmonalis. Bagian ini merupakan pembuluh vena yang bertugas untuk membawa darah yang mengandung oksigen dari paru-paru ke jantung yang letaknya berada di atrium kiri.
  • Katup Trikuspidalis. Katup ini menjadi pembeda bagian jantung manusia dan jantung makhluk lainnya. Pasalnya, bagian ini memiliki 3 daun katup yang bisa terbuka jika systole berkontraksi dan bisa menutup kembali. Fungsinya yaitu untuk memisahkan atrium kanan dan ventrikel kanan dan membantu mengalirkan darah miskin oksigen dari atrium kanan ke ventrikel kanan.
  • Katup Mitral. Yaitu katup yang memisahkan serambi kiri dengan ventikel kiri pada bagian jantung manusia. Katup ini biasanya akan terbuka ketika darah yang mengandung banyak oksigen di atrium kiri dialirkan ke ventrikel kiri. Fungsinya untuk mencegah darah yang telah berada di ventrikel kiri kembali ke atrium kiri.
  • Dinding Jantung. Bagian ini merupakan bagian paling luar ada pada bagian jantung manusia. Bagian ini memiliki 3 lapisan utama, antara lain endocardium (terdalam), miokardium (tengah), dan epikardium (luar). Fungsi dari dinding jantung ini yaitu untuk membuat jantung selalu berdetak dan mencegah supaya tidak bocor.

Bagian Jantung Manusia

Cara Kerja Jantung

Berikut ini cara kerja jantung manusia sehingga jantung bisa berfungsi untuk memompa darah yang disalurkan ke seluruh tubuh:

  1. Cara kerja jantung yang pertama dianggap dimulai dari darah yang ada di serambi kanan akan masuk melalui ventrikel kanan dengan melewati katup tricuspid. Lalu, akan dialirkan ke paru-paru melalui arteri pulmonalis.
  2. Darah akan mengalir ke atrium yang berada di sebelah kiri melalui vena pulmonalis dan mengalirkan darah yang banyak mengandung oksigen ke atrium kiri. Kemudian, cara kerja jantung yang selanjutnya akan mengalirkannya melewati katup miral untuk mencapai ventrikel kiri.
  3. Lalu, melalui katup aorta semilunar darah akan dipompa ke aorta.
  4. Kemudian, arteri, arteriol. Dan kapiler akan segera membentuk sebuah jaringan untuk aliran darah ke setiap sel tubuh kita.
  5. Melalui jaringan tersebut, tentu beberapa bagian darah akan masuk ke ginjal dan menyaring limbah dari darah sebelum darah dalam perjalanan kembali ke jantungnya. Hal ini sebenarnya menjadi satu kesatuan dalam cara kerja jantung.
  6. Pembuluh vena kava inferior dan superior akan membawa darah yang sudah mengandung oksigen untuk kembali ke jantung melalui serambi kiri.
  7. Cara kerja jantung yang selanjutnya, atrium dan ventrikel akan selalu berkontraksi dan berelaksasi ketika akan memompa darah secara bergantian. Pada saat ventrikel ini berkontraksi maka darah bisa mengalir ke bagian atria. Di sisi lain, katup mitral dan tricuspid akan mencegah hal ini terjadi yaitu dengan cara menutup ketika ventrikel sudah penuh.

Seperti yang sudah dipaparkan di atas, pada dasarnya jantung cara kerja jantung adalah untuk memompa darah agar mengalir ke seluruh tubuh. Selain itu, bagian jantung manusia secara umum terdiri dari 4 ruang dengan 2 serambi beserta 2 ventrikel di mana sisi kanan jantung mengumpulkan darah dalam atrium kanan. Darah tersebut akan dialirkan ke paru-paru melalui ventrikel kanan. Sementara itu, untuk jantung sebelah kiri mengumpulkan pemurnian darah ke atrium kiri. Untuk lebih jelasnya, berikut cara kerja jantung manusia. Selanjutnya, darah akan dialirkan dan masuk ke dalam ventrikel kiri. Ventrikel kiri bertanggung jawab untuk sirkulasi ke seluruh bagian tubuh.  Cara kerja jantung yang Jelas.id paparkan diatas sudah sudah sangat lengkap menjelakan bagaimana jantung mengalirkan darah ke seluruh organ tubuh manusia.

Cara Kerja Jantung Manusia Secara Lengkap

Itulah beberapa informasi mengenai cara kerja jantung dalam memompa darah di dalam tubuh manusia. Jika kita mengetahui dan memahami secara mendalam hal tersebut, tentu kita harus bersyukur bahwa kita hidup diberikan organ jantung oleh Tuhan yang bisa terus menerus berdetak untuk memompa darah ke seluruh tubuh, Bisa dibayangkan, bagaimana jika manusia tak memiliki jantung? Atau bagaimana jika manusia mengalami gangguan jantung? Semoga pembahasan yang Jelas.id sampaikan di atas terkait cara kerja jantung dan beberapa bagiannya tersebut bisa bermanfaat. Sekian dan terimakasih.