jelas

Cara Kerja AC dan Komponen Utama AC

Cara Kerja AC – Udara yang sejuk di siang hari yang panas tentu akan membuat orang mencari cara guna mengurangi rasa panas dan gerah. Oleh sebab itu, memasuki zaman modern ini, tentu hampir setiap rumah ataupun kantor selalu tak lepas dari yang namanya Air Conditioner (AC) yang merupakan sebuah alat pendingin ruangan atau udara. AC memang berbeda dengan kipas angin karena cara kerja AC pun berbeda. Jika kipas angin mengandalkan gerakan udara dengan putaran kipas, di sisi lain AC memiliki sistem kinerja sendiri yang lebih kompleks dan mampu menghasilkan udara yang lebih sejuk daripada kipas angin. Maka dari itu, tak heran jika alat elektronik pendingin ruangan ini menjadi salah satu alat yang dibutuhkan di setiap ruang, apalagi di musim kemarau yang suhunya begitu panas. Selain sebagai alat pendingin ruangan, siapa sangka jika cara kerja AC juga dapat berfungsi untuk menetralisir udara yang ada dalam suatu ruangan. Bahkan, ada beberapa jenis AC yang dilengkapi fitur untuk menyerap bakteri atau kuman penyebab penyakit. Tentu, hal tersebut merupakan pengembangan teknologi AC. Tetapi, hal yang perlu dicatat bahwa fungsi utama Air Conditioner ini yaitu untuk memberikan kesejukan dalam sebuah ruangan tertutup. Nah, penasaran tidak sih dnegan cara kerja AC ini?

Cara Kerja Ac

Cara Kerja AC

Jika kita melihat output atau hasil kinerja dari cara kerja AC ini, tampaknya memang cukup menarik jika kita ketahui. Pasalnya, hanya dengan menggunakan beberapa komponen yang disematkan dalam sebuah mesin alat pendingin, udara dalam ruang pun bisa diserap dan dinetralisir menjadi lebih sejuk. Nah, bagi Anda yang belum mengetahui dan ingin mengetahui bagaimana cara kerja AC beserta komponen yang ada di dalamnya, pada kesempatan kali ini Jelas.id akan memberikan beberapa penjelasan terkait prinsip kerja dari mesin AC tersebut. Namun, sebelum membahas mengenai cara kerja AC tersebut, alangkah lebih baiknya jika kita ketahui terlebih dahulu apa saja beberapa komponen beserta fungsi-fungsinya yang ada dalam sebuah alat pendingin ruangan yang bernama AC ini agar lebih memahami cara kerja AC secara menyeluruh. Tak perlu berlama-lama, yuk, kita simak bersama.

Cara Kerja Ac Rumah

Komponen Utama AC

Seperti yang sudah diutarakan pada bagian awal, cara kerja AC ini dinilai cukup menarik, kompleks, dan terkesan berteknologi canggih. Hal itu semua tak bisa dilepaskan dari komponen utama AC yang menyusunnya. Selain itu, perlu Anda ketahui bahwa ada beberapa bagian dalam mesin tersebut yang memiliki fungsi saling berkaitan satu sama lain. Berikut penjelasan mengenai 6 komponen AC beserta fungsinya dalam memahami cara kerja AC nantinyas.

  • Kompresor AC. Komponen utama AC ini merupakan sebuah power unit dari sistem alat pendingin udara. Selain itu, komponen yang satu ini memiliki fungsi utama dalam mengubah gas bertekanan rendah menjadi sebuah elemen gas dengan tekanan tinggi.
  • Kondensor AC. ini merupakan komponen yang memiliki tugas lanjutan dari Kompresor AC di mana berfungsi mengubah gas menjadi sebuah cairan yang bertekanan tinggi. Perlu diketahui bahwa Kondensor AC ini adalah bagian yang paling panas dari semua komponen utama AC yang lainnya.
  • Orifice Tube. Pada komponen utama AC ini, memiliki peran untuk menurunkan tekanan dan suhu dari sebuah cairan yang bertekanan tinggi menjadi sebuah cairan yang bertekanan rendah.
  • Katup Ekspansi. Nah, untuk komponen utama AC yang satu ini dinilai sangat penting dalam menunjang kinerja sistem AC. Sebab, katup yang satu ini memang dikonsep dan dirancang sedemikian rupa guna memberikan control pada aliran cairan pendingin dan mengubahnya menjadi suatu uap.
  • Evaporator AC. Komponen ini merupakan sebuah kipas evaporator yang dikombinasikan dengan kumparan pendingin dengan fungsi untuk mengeluarkan udara dingin ke dalam sebuah ruangan. Selain itu, biasanya komponen utama AC ini dilengkapi dengan silicon supaya tetap mampu menyerap kelembaban udara.
  • Alat ini biasanya akan beroperasi dengan mengandalkan lempeng bimetal untuk mengetahui perubahan suhu dalam sebuah ruangan. Apabila suhu naik maka metal terluar akan terlebih dahulu memuai yang akan menjadikan lempeng tersebut membengkok dan menyentuh sirkuit listrik. Dengan demikian, secara tak langsung akan menyentuh sirkuit listrik dan komponen utama AC yang bersangkutan akan aktif.

Komponen Utama Ac

Cara Kerja AC

Apabila kita melihat beberapa komponen utama AC barusan, tampaknya memiliki fungsi yang begitu kompleks dalam cara kerja AC ya? Hal tersebut tak lepas dari sistem dalam sebuah proses yang saling berhubungan dan melengkapi di antara komponen tersebut. Nah, setelah kita tahu beberapa komponen yang ada dalam sebuah AC, lanjut pada segmen ini kita akan membahas bagaimana cara kerja AC dalam menyejukkan sebuah ruangan.

  1. Cara kerja AC yang pertama yaitu penyerapan udara dalam suatu ruangan melalui sebuah kipas sentrifugal yang posisinya terletak pada evaporator yang selanjutnya akan disalurkan melewati pipa coil. Nah, pada pipa coil ini, udara yang diserap tadi akan kontak langsung dengan cairan Freon di mana cairan tersebut akan melakukan fungsinya untuk menyerap panas dalam udara. Kemudian, apabila udara mulai mendingin, secara otomatis akan membuat refrigerant menguap dan hasil uap tersebut akan menjadi satu dalam sebuah penampung uap.
  2. Lalu cara kerja AC yang selanjutnya, tekanan uap dari evaporator tersebut akan disalurkan kembali ke komponen berikutnya yang dinamakan kondensator. Dalam kondensator ini, proses kompresi akan menaikkan tekanan uap. Sehingga, tekanan uap yang bertekanan tinggi tersebut selanjutnya akan ditekan untuk masuk dalam kondensor.
  3. Selanjutnya, kondensor mengeluarkan udara panas yang akan berubah menjadi uap menjadi hal yang terpenting dari cara kerja AC. Dari situ, uap refrigerant akan memberikan panas ke udara pendingin yang ada pada sebuah kondensor yang lama-kelamaan akan mengembun. Panas yang ada pada kondensor akan dikeluarkan oleh kipas propeller.
  4. Cara kerja AC berikutnya yaitu supaya jalan sirkulasi udara bisa menjadi lebih dingin secara berkesinambungan dalam waktu lama maka dibutuhkanlah sebuah komponen thermostat. Alat ini memang memiliki fungsi untuk mengatur suhu ruangan sesuai yang Anda inginkan.
  5. Hal yang menarik, ternyata cara kerja AC tak hanya menyerap udara saja. Ternyata, ketika kondisi ruangan sudah mengalami penurunan suhu atau mulai lebih dingin jika dibandingkan suhu di luar ruangan maka secara otomatis udara yang ada di luar pun juga akan ikut terhisap. Udara yang diserap dari luar tersebut akan masuk ke dalam AC melalui sebuah kisi-kisi AC dan untuk cara kerjanya pun sama sebagaimana cara mengolah udara di dalam ruangan.
  6. Cara kerja AC atau proses pendinginan udara di dalam ruangan ini akan terjadi secara terus menerus selama AC masih dihidupkan.

Penjelasan Cara Kerja Ac Lengkap

Keenam tahapan cara kerja AC tersebut merupakan prinsip dasar dari kerja AC dari semua jenis. Jika kita melihatnya sepintas, tampaknya memang kinerja AC dalam mendinginkan sebuah ruangan cukup sederhana dalam logis. Hal tersebut, tentu tak lepas dari 6 komponen yang tiap-tiap komponen tersebut memiliki fungsi masing-masing dan saling berkaitan satu sama lain. Itulah informasi yang Jelas.id paparkan mengenai cara kerja AC dan fungsi dari beberapa komponen di dalamnya. Semoga pembahasan kali ini bermanfaat. Sekian dan terimakasih.