jelas

Cara Cek RAM Laptop yang Mulai Lelet

Cara Cek RAM Laptop – Bagaimana sih cara cek RAM laptop dengan mudah? Nah sebelum Jelas.id memberikan jawabannya, Jelas.id ingin menjelaskan sedikit nih mengenai fungsi RAM. Bagi Anda para pengguna gadget tentu sudah tidak asing lagi bukan dengan istilah RAM? Ya, RAM yang merupakan singkatan dari Random Access Memory merupakan salah satu jenis perangkat keras (hardware) yang ada di dalam laptop atau PC. RAM yang disematkan ke dalam laptop ini memiliki fungsi sebagai tempat untuk menyimpan data secara sementara, sebelum nantinya data itu bakal diproses oleh CPU dan ditampilkan melalui perangkat yang Anda gunakan. Karena pentingnya peran RAM dalam laptop, maka komponen hardware ini merupakan salah satu hal yang harus mendapatkan perhatian yang lebih dari pengguna laptop.  Mengetahui kapasitas RAM yang ada pada laptop penting sebab Anda akan tahu seberapa tangguh komponen ini mampu mendukung operasional pada laptop Anda, untuk itu wajib hukumnya untuk mengetahui cara cek RAM laptop bagi Anda para pengguna laptop. Akan tetapi, para pengguna laptop terkadang kurang mempedulikan hal ini sehingga tak heran jika sebagian besar di antara mereka tidak tahu bagaimana melakukan cek RAM pada laptop. Hal ini biasanya terjadi diakibatkan para pengguna laptop lebih memilih untuk langsung melakukan uninstall pada program berat yang mengonsumsi RAM banyak ketimbang melakukan pengecekan pada RAM terlebih dahulu. Padahal sebenarnya cara cek RAM laptop tidaklah sulit.

Cara Cek RAM Laptop

Cara Cek RAM Laptop

Mengetahui cara cek RAM laptop menjadi hal yang sangat penting untuk dilakukan karena dengan itu Anda bisa tahu jenis aplikasi atau program apa saja yang sesuai dengan spesifikasi laptop. Diantara berbagai macam program yang ada, game berat dan aplikasi desain grafis merupakan jenis yang mengonsumsi RAM paling banyak. Sehingga dengan mengetahui kapasitas RAM yang tersedia, Anda bisa memilih untuk tetap menginstall aplikasi-aplikasi berat itu atau malah justru meningkatkan kapasitas RAM yang ada di dalam laptop Anda. Cara cek RAM laptop sendiri biasanya dilakukan ketika kinerja laptop mengalami penurunan dan menjadi lebih lambat. Meskipun laptop terbaru biasanya sudah memiliki RAM 1 hingga 2 GB yang sudah cukup mendukung untuk kinerja standar, namun dengan pemakaian laptop yang terus menerus maka kapasitas RAM yang ada akan berkurang karena tersita oleh program-program yang sering digunakan. Selain untuk mengetahui kapasitasnya, pengecekan RAM ini juga membantu kita untuk mengetahui apakah terdapat kerusakan pada RAM tersebut. Mengingat pentingnya hal ini, maka Jelas.id akan menjelaskan bagaimana cara cek RAM laptop dengan mudah.

Cara Cek RAM Laptop Dengan Mudah

Ciri-ciri RAM yang Rusak

Berikut ini merupakan ciri-ciri RAM yang rusak:

  • Ciri-ciri RAM yang rusak paling jelas adalah laptop akan mengeluarkan bunyi ketika akan mengganti booting
  • Berbunyi ketika dilakukan pergantian pada slot
  • Ciri-ciri RAM yang rusak juga dapat di indikasikan dengan gangguan memori secara intensif selama pengoperasian, misalnya ketika digunakan untuk memainkan game 3D atau bekerja dengan aplikasi Photoshop.
  • Laptop sering restart sendiri secara tiba-tiba
  • Distorsi grafis pada tampilan layar
  • Ciri-ciri RAM yang rusak sudah parah biasanya akan ditandai dengan BEEP ERROR CODE karena sudah terdeteksi oleh CPU.

Gangguan yang terjadi pada kinerja laptop tak hanya disebabkan oleh penurunan kapasitas RAM saja tetapi juga ada kemungkinan karena rusaknya RAM laptop. Sehingga jika Anda menemukan penurunan kinerja laptop atau menjumpai ciri-ciri RAM yang rusak seperti di atas, maka lakukan pengecekan RAM terlebih dahulu untuk memastikan kondisi tersebut disebabkan oleh berkurangnya kapasitas RAM atau jenis kerusakan RAM yang lain. Jadi, Anda akan bisa menentukan solusi yang tepat untuk mengatasinya. Selanjutnya, Anda akan mengetahui bagaimana cara cek RAM laptop.

Cara Cek RAM Laptop Windows 7

Cara Cek RAM Laptop

Berikut ini adalah langkah-langkah cara cek RAM laptop dengan mudah:

  1. Langkah pertama cara cek RAM laptop adalah Anda harus klik menu “Start” atau bisa juga dilakukan dengan menekan kombinasi tombol “Windows+R” pada keyboard laptop.
  2. Pada kotak dialog Run yang muncul, ketiklah “dxdiag”
  3. Kemudian langkah selanjutnya cara cek RAM laptop yakni tekan tombol “OK” pada kotak dialog tersebut atau bisa juga dengan menekan tombol Enter yang ada pada keyboard.
  4. Apabila Anda sudah masuk pada dxdiag, maka berikutnya Anda sudah akan masuk ke menu “System”.
  5. Jika anda melakukan langkah-langkah cara cek RAM laptop pada nomor 1-4 dengan benar, Pada menu ini akan ditampilkan informasi mengenai RAM laptop Anda termasuk kapasitas RAM yang masih tersedia di dalamnya.

Itulah langkah-langkah cara cek RAM laptop yang masih tersisa di laptop yang Anda gunakan. Jika Anda sudah melakukan tahapan-tahapan tersebut dan ternyata menjumpai jika kapasitas RAM hanya tersisa sedikit, maka ada dua macam opsi yang bisa Anda pilih agar kembali meningkatkan kinerjanya yang mulai melemah. Pertama, Anda bisa menghapus data-data yang sudah tidak lagi diperlukan dari laptop Anda. Kedua, jika Anda terlalu sayang dengan program-program tersebut dan tidak ingin menghapusnya, maka Anda bisa menambah ukuran RAM yang dipakai.

Cara Cek RAM Laptop Windows 10

Nah, ternyata cara cek RAM laptop sangat mudah kan? Jadi mulai sekarang tak perlu panik jika menjumpai kinerja laptop mulai menurun dan lamban. Cukup praktikkan langkah-langkah yang sudah Jelas.id paparkan di atas dan Anda akan mengetahui apakah penurunan kinerja itu disebabkan oleh berkurangnya kapasitas RAM atau bukan. Sekian informasi yang bisa Jelas.id berikan terkait dengan cara cek RAM laptop. Semoga bermanfaat dan terima kasih.