jelas

Cara Cek MAC Address Laptop dan Android Dengan Mudah

Cara cek MAC Address – Tahukah Anda cara cek MAC Address? Mungkin sebagian di antara kita masih asing dengan istilah yang satu ini. MAC Address sendiri adalah singkatan dari Media Access Control Address. MAC Address merujuk pada kode unik yang memiliki fungsi sebagai identitas dari sebuah perangkat jaringan atau interface network baik itu yang memakai controller maupun wireless controller. Perangkat jaringan yang memiliki MAC Address ini meliputi Wifi, Ethernet, modem bahkan juga Bluetooth. Karena identitas masing-masing perangkat bersifat unik, maka setiap perangkat jaringan yang satu dengan perangkat jaringan yang lain pasti mempunyai MAC Address yang berbeda. Cara cek MAC Address yang juga memiliki sebutan lain Ethernet Address atau physical address ini biasanya bisa ditemukan pada berbagai perangkat seperti laptop dan handphone Android. MAC Address atau physical address tersebut membawa tersusun dari kode unik yang memakai sistem 48 bit atau 6 byte. Semua jenis perangkat yang terkoneksi dengan router tertentu pasti akan memiliki kode MAC Address. Lantas bagaimana sih cara cek MAC Address tersebut?

Cara Cek Mac Address

Cara Cek Mac Address

Mengetahui MAC Address merupakan hal yang cukup penting karena ada kalanya ketika Anda sedang menggunakan perangkat Anda untuk itu penting untuk dapat mengetahui cara cek MAC Address, ada aktivitas yang mengharuskan untuk memberikan informasi berkaitan dengan MAC Address tersebut. Hal ini biasanya terjadi bagi Anda yang sering online memakai hotspot kampus atau lokasi tertentu yang mendukung layanan hotspot. Perangkat yang Anda gunakan harus didaftarkan terlebih dahulu ke institusi yang bersangkutan agar bisa memperoleh username yang bisa dipakai untuk login hotspot. Ketika mendaftarkan perangkat itu Anda pasti akan diminta untuk memberikan MAC Address. Nah, kalau sudah gini banyak yang bingung karena tak semua orang tahu cara cek MAC Address dari perangkat yang digunakan. Padahal sebetulnya mengetahui kode unik jaringan ini bukanlah perkara yang sulit. Kode unik pada MAC Address ini hampir bisa dengan mudah diketahui pada hampir semua perangkat yang terkoneksi dengan jaringan Ethernet. Bagi Anda yang belum paham tentang bagaimana cara mengetahui MAC Address, maka kali ini Jelas.id akan memberikan informasi tentang cara cek MAC Address untuk perangkat-perangkat Anda.

Cara Cek Mac Address Hp

Cara cek MAC Address Laptop

Berikut ini adalah langkah-langkah cara cek MAC Address laptop:

  1. Langkah pertama cara cek MAC Address laptop adalah munculkan jendela Run pada desktop dengan menekan kombinasi tombol “Windows+R”.
  2. Ketika kotak jendela Run sudah ditampilkan, maka ketiklah “cmd” lalu klik OK atau tekan tombol enter pada keyboard.
  3. Pada jendela command prompt yang muncul, ketikan “getmac/v”.
  4. Setelah melakukan cara cek MAC Address di laptop pada langkah 1-3 diatas, maka akan muncul informasi mengenai Physical Address dan Anda bisa memilih MAC pada perangkat mana yang diperlukan.
  5. Sisi sebelah kiri biasanya menunjukkan Connection Name. Ethernet merujuk pada LAN Card, WiFi berarti berhubungan dengan WiFi atau WLAN yang dibutuhkan untuk hotspot. Sementara Bluetooth merupakan perangkat Bluetooth yang tersemat pada laptop.
  6. Mac Address yang ditampilkan biasanya terdiri dari kombinasi angka dan huruf yang terdiri dari 12 karakter.
  7. Jika Anda ingin mengetahui informasi yang lebih detail tentang MAC Address dan identitas jaringan pada perangkat yang lebih lengkap, maka setelah langkah kedua cara cek MAC Address laptop diatas dan jendela command prompt muncul, ketiklah “ipconfig/all”.

Itulah langkah-langkah cara cek MAC Address di laptop Anda. Walaupun setiap laptop mempunyai MAC Address yang berbeda, namun cara untuk melakukan cek kode unik jaringan tersebut sama saja. Anda bisa menggunakan perintah “getmac/v” pada jendela command prompt atau justru “ipconfig/all” untuk informasi mengenai identitas jaringan yang lebih lengkap. Selanjutnya, Anda akan mengetahui cara melakukan cek MAC Address pada perangkat berbasis Android.

Cara Cek Mac Address Laptop

Cara cek MAC Address Android

Berikut ini adalah langkah-langkah cara cek MAC Address Android:

  1. Langkah pertama cara cek MAC Address Android yaitu bukalah menu Settings atau pengaturan di perangkat Android Anda.
  2. Kemudian, masuk ke WiFi dan setelah beberapa saat akan muncul daftar nama Wi-Fi serta jaringan terdekat lainnya yang bisa dikoneksikan dengan perangkat Anda.
  3. Cara cek MAC Address pada Android selanjutnya adalah Klik menu yang berada di pojok kanan atas dan pilih opsi Advance.
  4. Pada bagian Advance, Anda bisa memilih WiFi, jika yang ingin dicek adalah MAC Address WiFi di Android Anda. Scroll down hingga Anda berhasil menemukan MAC Address tersebut. Untuk cara cek MAC Address pada Android melalui Bluetooth, Anda bisa melakukan cara yang sama dengan WiFi, hanya sebelumnya pilih opsi Bluetooth terlebih dahulu.

Nah, itulah langkah-langkah cara cek MAC Address pada Android. Caranya memang cukup berbeda dengan melakukan cek MAC Address pada laptop atau komputer. Akan tetapi MAC Address yang akan ditunjukkan pasti sama, yakni kombinasi huruf dan angka yang terdiri dari 12 karakter.

Cara Cek Mac Address Android

Ternyata, cara cek MAC Address pada perangkat yang terhubung dengan jaringan tertentu cukup mudah ya? Kini, Anda tak perlu khawatir jika sewaktu-waktu diminta memberikan MAC Address untuk kebutuhan akses jaringan. Anda hanya tinggal mempraktikkan langkah-langkah yang Jelas.id telah paparkan di atas, dan MAC Address pun bisa ditemukan dengan mudah. Demikianlah, informasi yang Jelas.id bisa bagikan terkait dengan cara cek MAC Address. Semoga bermanfaat dan terima kasih.