jelas

Cara Belajar Membaca Al-Quran dengan Cepat dan Benar

Cara Belajar Membaca AlQuran – Membaca Al-Quran memang seharusnya menjadi kebiasaan seorang muslim. Bukan sekadar membaca saja tetapi juga mengetahui artinya. Sebagai seorang muslim yang baik tentu kita harus mengetahui cara belajar membaca Al-Quran yang baik dan benar. Pasalnya, Al-Quran merupakan kitab suci Agama Islam yang berisi berbagai macam petunjuk dan tuntunan hidup yang mengatur segala hal tentang kehidupan di dalam Islam. Meski begitu di antara kita, masih banyak yang belum bisa atau belum lancar dalam membaca Al-Quran. Ada yang bisa membacanya namun dengan terbata-bata. Ada juga yang tak familiar sama sekali dengan tanda baca yang ada di dalam Al-Quran sehingga asal baca saja. Hal tersebut dapat terjadi karena tidak mengetahui cara belajar membaca Al-Quran yang baik dan benar. Padahal setiap tanda baca memiliki fungsi tersendiri. Karena pentingnya membaca Al-Quran ini maka tak heran jika orang yang belum bisa atau belum lancar dalam membacanya pasti memiliki keinginan untuk mempelajarinya. Belajar membaca Al-Quran ini bisa dilakukan oleh siapa saja, tak peduli anak-anak, muda, ataupun tua. Asalkan kita memiliki kemauan yang kuat untuk mengetahui cara belajar membaca Al-Quran yang baik dan benar, meski pada awalnya tidak bisa maka membaca Al-Quran dengan benar dan lancar pun pada akhirnya bisa dicapai.

Cara Belajar Membaca AlQuran

Cara Belajar Membaca AlQuran

Pada umumnya, cara belajar membaca Al-Quran ini sudah diajarkan sejak anak berusia dini dengan mengenalkan berbagai macam huruf hijaiyah terlebih dahulu. Baru setelah mereka bisa mengenal dan membacanya akan dilanjutkan untuk belajar Iqro yang biasanya berisi rangkaian huruf hijaiyah berbentuk kata-kata arab yang sederhana. Setelah bisa membaca Iqro dengan benar dan fasih, maka bisa dilanjutkan dengan belajar membaca Al-Quran. Metode yang dilakukan dalam cara belajar membaca Al-Quran dari satu orang pun bisa berbeda dengan orang lainnya. Sebagian orang tua mungkin ada yang lebih memilih untuk menitipkan anaknya ke Taman Pendidikan Al-Quran (TPA) agar anak-anaknya agar diajari oleh orang yang lebih mumpuni di bidangnya karena keterbatasan ilmu yang dimiliki orang tuanya. Namun, bagi orang tua yang memang bisa membaca Al-Quran dengan baik dan benar maka mereka biasanya akan mengajari anaknya sendiri. Sementara itu, bagi orang dewasa yang ingin mempelajari cara membaca Al-Quran biasanya akan lebih memilih untuk mendatangkan guru ngaji ke rumah. Nah, pada kesempatan kali ini Jelas.id akan memberikan informasi cara belajar membaca Al-Quran.

Cara Belajar Membaca AlQuran Dengan Cepat

Adab Dalam Membaca Al-Quran

Berikut ini merupakan beberapa adab dalam membaca Al-Quran yang perlu di perhatikan:

  • Adab dalam membaca Al-Quran yang pertama adalah niat. Membaca Al-Quran memang seharusnya dilakukan dengan niat yang ikhlas dan hanya mengharapkan ridha dari Allah bukan pujian atau perhatian dari orang lain.
  • Orang yang akan membaca Al-Quran disunnahkan untuk berada dalam kedaan suci. Membacannya dalam keadaan hadast memang diperbolehkan, namun untuk menyentuhnya lebih diutamakan dan dipersyaratkan dalam keadaan suci sehingga lebih baik berwudhu terlebih dahulu sebelum membacanya.
  • Adab dalam membaca Al-Quran selanjutnya adalah dilakukan di tempat yang bersih. Membaca Al-Quran harus lah dilakukan yang bersih agar terhindar dari najis.
  • Membaca Al-Quran lebih diutamakan untuk dilakukan dengan menghadap ke arah kiblat. Selain itu, ketika membacanya Anda harus duduk dengan tenang dan khusyu agar apa yang dibaca bisa lebih mudah dipahami dan direnungkan.
  • Adab dalam membaca Al-Quran yang terakhir adalah membaca ta’awudz. Sebelum membaca Al-Quran, kita juga disunahkan untuk membaca bacaan ta’awudz terlebih dahulu (“a’udzu billahi minasy syaithonir rajiim”)

Selain belajar dalam membaca ayat-ayat Al-Quran, kita juga harus mengetahui bagaimana cara memperlakukan Al-Quran dengan benar. Salah satunya adalah lewat adab dalam membaca Al-Quran ini. Hal-hal di atas harus diperhatikan sebab Al-Quran ini adalah kitab suci bukan hanya sekadar bacaan biasa sehingga memang perlu diperlakukan berbeda. Nah, selanjutnya Anda akan mengetahui cara belajar membaca Al-Quran untuk pemula.

Cara Belajar Membaca AlQuran Dengan Baik Dan Benar

Cara Belajar Membaca Al-Quran

Berikut ini adalah beberapa langkah dasar cara belajar membaca Al-Quran untuk pemula:

  1. Cara belajar membaca Al-Quran yang pertama adalah meluangkan waktu khusus untuk belajar membaca Al-Quran. Jangan sebaliknya, menunggu ada waktu luang dulu baru belajar. Jika Anda ingin segera bisa membacanya dengan baik dan lancar maka Anda harus memiliki tekad yang kuat dan bersungguh-sungguh, salah satunya dengan menyediakan waktu khusus meski hanya satu jam dalam sehari.
  2. Mencari guru ngaji juga penting, terlebih jika Anda tak memiliki saudara atau kerabat yang paham tentang tanda baca dan hukum bacaan Al-Quran. Guru ngaji biasanya menguasai cara membaca Al-Quran dengan baik dan benar sehingga Anda akan langsung dibimbing dan dibenarkan ketika salah dalam membaca.
  3. Jika Anda belum bisa membaca Al-Quran sama sekali atau masih sering salah-salah dalam membedakan huruf hijaiyah, maka cara belajar membaca Al-Quran yang juga penting adalah mengenal huruf hijaiyah satu persatu dan mengetahui serta bisa mempraktikan cara mengucapkannya dengan baik dan benar. Karena huruf hijaiyah yang satu dan lainnya memiliki tempat keluar yang berbeda (makhraj).
  4. Setelah belajar tentang jenis-jenis huruf hijaiyah, maka bisa dilanjutkan dengan mempelajari tanda bacanya. Tanda baca di dalam Al-Quran terdiri dari fathah, kasrah, dhommah, tanwin, dan sukun. Fungsinya hampir mirip dengan huruf vokal dalam Bahasa Indonesia.
  5. Selain tanda baca, Anda juga harus mempelajari tentang hukum bacaan (tajwid) karena masing-masing hukum bacaan memiliki cara baca yang bebeda-beda, misalnya ada yang harus dibaca samar, mendengung dan sebagainya. Hal ini sangat penting untuk diperhatikan jika ingin membaca Al-Quran dengan baik dan benar.
  6. Setelah mengetahui huruf hijaiyah, tanda baca, serta hukum bacaannya, maka cara belajar membaca Al-Quran selanjutnya agar bisa segera menguasainya adalah dengan mempraktikannya. Teruslah belajar membaca Al-Quran hingga bisa melafalkan ayat-ayatnya dengan tajwid yang benar.

Nah, itulah langkah-langkah dasar yang biasanya harus dilewati dari cara belajar membaca Al-Quran. Memang beberapa langkah di atas memerlukan waktu untuk dilakukan namun jika Anda memiliki keinginan yang tinggi maka hal tersebut bukanlah masalah yang besar. Anda pun juga bisa menggunakan metode-metode khusus oleh guru ngaji atau tutorial yang ada di buku-buku cara belajar membaca Al-Quran.

Cara Belajar Membaca AlQuran Sendiri

Jika melihat langkah-langkah dalam belajar membaca Al-Quran di atas memang butuh proses dan kesabaran. Namun, jika cara belajar membaca Al-Quran yang telah Jelas.id paparkan di atas bisa dilakukan dengan konsisten maka kesuksesan dalam membaca Al-Quran dengan baik dan benar pun bisa diraih. Itulah penjelasan tentang cara belajar membaca Al-Quran yang bisa Jelas.id bagikan. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.