jelas

Cara Belajar Main Piano Hingga Bisa

Cara Belajar Main Piano – Musik merupakan hal yang digemari banyak orang. Bahkan, tak sedikit dari mereka menjadikan musik sebagai salah satu hobi yang menyenangkan. Untuk bermain musik pun tentu membutuhkan alatnya, salah satunya yaitu piano. Alat music yang satu ini dikenal sebagai salah satu alat musik yang bisa menghasilkan suara indah dan romantis. Bahkan, tak sedikit dari beberapa orang yang menganggap bahwa suara music yang dihasilkan dari piano bisa menenangkan jiwa. Oleh karena itu, banyak sekali orang yang ingin mengetahui bagaimana cara belajar main piano, mungkin juga termasuk Anda. Namun, tak sedikit orang yang bingung darimana harus memulai untuk belajar main piano ini. Jika Anda memang termasuk salah satu orang yang ingin belajar main piano, tentu kunjungan Anda di Jelas. Id kali sangat tepat. Mengapa? Karena, pada kesempatan kali ini, Jelas .id akan memaparkan terkait bagaimana cara belajar main piano secara benar dan tepat di mana cara ini bisa Anda terapkan di rumah dengan mudah.

Cara Belajar Main Piano

Cara Belajar Main Piano

Tapi tunggu dulu. Sebelum jauh membahas pada cara belajar main piano, ada 5 hal aspek pokok yang perlu Anda ketahui sebagai pengetahuan dasar dalam belajar main piano. Karena sangat pentingnya maka kelima aspek pokok tersebut tidak hanya sekedar diketahui saja melainkan juga wajib untuk dipahami. Sebab, kelima hal tersebut akan menunjang dalam proses mempraktekkan cara belajar main piano yang Jelas.id terangkan kali ini. Selain itu, dalam proses belajar bermain piano tentu harus dilakukan latihan secara rutin mengingat bermain piano itu tidak semudah yang dibayangkan. Pasalnya, seni permainan jari-jari tangan yang disesuaikan dengan irama serta notasi merupakan latihan yang sulit karena membutuhkan tingkat multitasking yang tinggi. Terlepas dari hal tersebut, sebagai langkah awal dalam cara belajar main piano, berikut beberapa aspek pokok yang perlu diketahui dan dipahami.

Cara Belajar Main Piano Sendiri

Aspek Pokok dalam Belajar Main Piano

  • Fingering. Aspek pokok dalam belajar main piano ini merupakan teknik latihan penjarian di mana dalam kaitannya dalam bermain piano, bentuk tangan serta jari sudah ditetapkan ketika akan bermain piano, termasuk harus rileks pada bagian bahu dan lengan. Latihan untuk fingering ini ditujukan agar kita sebagai musisi khususnya pemain piano atau keyboard, memiliki posisi jari dan tangan yang benar di tuts saat bermain. Latihan jari ini mencakup Tangga Nada, Cadence, dan Etude.
  • Touching. Aspek pokok dalam belajar main piano yang satu ini ditujukan supaya Anda sebagai pemula dalam main piano lebih memahami interpretasi dalam bermain music. Dengan kata lain, tidak hanya sekedar bermain music saja melainkan juga mengeluarkan musik dengan hati kita.
  • Tempo dan Rhythm. Semua orang yang menggeluti dunia musik harus paham dengan yang namanya tempo dan rhythm dalam bermain music, terutama ketika sedang belajar main piano. Aspek pokok dalam belajar main piano ini nantinya meliputi Time Signature (yaitu birama, yang dinotasikan dengan angka 2/4, ¾, 4/4, 3/8, 6/8 dsb). Tempo sendiri adalah kecepatan sebuah lagu dalam hitungan menit yang dinyatakan dengan BPM (Beat per Minute) yang nantinya mencakup andantino, andante, allegro, presto, dan lainnya.
  • Harmony. Pelatihan pada aspek harmony ini bertujuan untuk membuat Anda lebih paham dalam mengembangkan pola chords yang akan digunakan dalam sebuah lagu. Dengan memahami pengetahuan akan harmoni, tentu aransemen yang akan kita buat menjadi lebih enak mengingat posisi sebagai musisi lebih sebagai pengiring dalam sebuah lagu.
  • Reading. Aspek pokok dalam belajar main piano yang terakhir yaitu membaca atau reading. Dalam kaitannya belajar main piano, tentu yang dimaksudkan membaca yaitu membaca not balok dan combo partitur. Contohnya seperti Treble Clef (kunci G) dan Bass Clef (kunci F). Selain itu, ada juga Key Signature (ada berapa sharp (#) atau flat (b) lagu itu dimainkan). Dengan kita melihat tanda-tanda tersebut dengan sendirinya kita sudah paham betul jika lagu itu dimainkan di tangga nada apa. Jelas itu akan sangat mempermudah kita dalam memainkan sebuah piano.

Cara Belajar Main Piano Dengan Cepat

Mengingat pentingnya kelima aspek pokok dalam belajar main piano nantinya, maka akan lebih baik jika hal itu dipelajari sebagai langkah awal dalam cara belajar main piano. Tentu saja, Anda perlu mengetahui dan memahami kelima-limanya. Sebab, aspek tersebut merupakan hal pokok merupakan pengetahuan dasar yang sangat menunjang seseorang dalam belajar main piano. Jika kelima aspek penting tersebut tidak diketahui maka latihan Anda dalam bermain piano pun akan mengalami kesulitan. Dengan demikian, mengetahui aspek dasar merupakan langkah awal yang sangat penting sebagai salah satu pokok dalam cara belajar main piano.

Cara Belajar Main Piano

Cara belajar main piano memang tidak mudah. Pertama Anda perlu memahami kelima aspek pokok dalam belajar main  piano tersebut. Selanjutnya yaitu kita akan mulai memraktikan atau menerapkan latihan bermain piano. Dalam hal ini, ada 8 cara belajar main piano yang bisa Anda terapkan sendiri di rumah. Berikut ini langkah-langkahnya :

  1. Cara belajar main piano yang pertama yaitu memainkan piano dengan posisi tangan yang tepat. Sebab, dengan menentukan bentuk posisi tangan yang baik dan sesuai, anda bisa menguasai teknik – teknik yang sulit dalam bermain piano.
  2. Bermain piano dengan gerakan yang berbeda. Maksudnya, di sini Anda disarankan untuk terus berlatih memainkan piano dengan gerakan yang berbeda secara rutin. Cara belajar main piano yang ini dimaksudkan untuk menciptakan koordinasi yang baik dalam memainkan piano.
  3. Kenali dan pahami kunci nada. Untuk mengenali dan memahami kunci nada dalam bermain piano, sebaiknya dimulai dari nada mayor hingga ke nada minor. Selain itu, perlu diketahui bahwa piano sendiri terdiri dari beberapa kunci, yaitu c, f, g, am, dm, em.
  4. Latihan peletakan jari piano merupakan cara belajar main piano yang paling sulit. Latihan ini sangat perlu diterapkan sebab ada beberapa kunci yang tidak hanya dimainkan oleh 3 jari saja. tapi ada juga yang memerlukan empat jari untuk menekannya. Contohnya seperti pada chord cm7.
  5. Latihan pelemasan jari. Latihan ini bisa Anda lakukan dengan memainkan chord 1 ke chord lain sehingga jari akan menjadi lebih terbiasa dengan kunci nada piano. Cara belajar main piano yang ini bisa Anda lakukan secara perlahan sebab dalam bermain piano yang perlu diperhatikan adalah menetapkan akurasi nada, irama, dan jari-jari Anda.
  6. Latihan memainkan lagu. Dalam proses latihan lagu ini, pilihlah lagu yang paling disukai. Lalu, tentukan music yang didasarkan ketukan pada drumnya. Supaya mempermudah dalam mempelajari lagu, Anda bisa mengawalinya dengan kunci dari nada C untuk lagu yang jenisnya mayor. Sementara di sisi lain, jika lagu minor maka diawali dari nada kunci AM.
  7. Latihan menetapkan irama dan menghitung ketukan merupakan hal yang tka dapat dipisahkan dari cara belajar main piano. Dengan berlatih menetapkan bentuk irama serta mengikuti ketukan yang tepat tentu akan sangat membantu Anda dalam berkonsentrasi dalam mengatur tempo permainan.
  8. Hal terakhir yang perlu Anda lakukan dalam memahami cara belajar main piano yaitu berlatih terus secara rutin sebagai upaya untuk membiasakan Anda dengan beberapa nada, jari dan irama.

Cara Belajar Main Piano Pemula

Kedelapan cara belajar main piano tersebut akan sangat membantu Anda dalam proses belajar main piano. Sebab, cara-cara di atas merupakan tahapan dasar dalam bermain piano. Selain itu, jika bisa diterapkan secara benar dan berkesinambungan maka Anda pun akan semakin lancar dalam memainkan alat music yang satu ini. Itulah tadi ulasan yang telah Jelas.id sampaikan mengenai cara belajar main piano secara baik dan benar beserta beberapa aspek pentingnya. Semoga bisa bermanfaat dan selamat mencoba.