jelas

Cara Belajar Gitar dengan Cepat dan Mudah

Cara Belajar Gitar dengan Cepat – Banyak orang yang ingin mengetahui cara belajar gitar dengan cepat. Hal tersebut tentu tak lepas dari kepopuleran alat musik petik tersebut. Bahkan, hampir di semua pertunjukan musik bisa dengan mudah dijumpai orang yang bermain gitar. Orang pun rela melakukan berbagai macam usaha agar bisa dengan mahir memainkan alat musik yang identik dengan keenam senarnya ini. Ada yang rela mengeluarkan banyak uang untuk dapat mengetahui cara belajar gitar dengan cepat dengan kursus bermain gitar dan ada juga yang memilih untuk belajar dari teman atau saudaranya yang sudah bisa memainkan alat musik tersebut. Bahkan, ada juga yang belajar sendiri dengan memanfaatkan berbagai sumber yang bisa ditemukan lewat internet, misalnya dengan melihat tutorial bermain gitar di YouTube. Belajar gitar memang bisa dikatakan gampang-gampang susah, apalagi jika Anda belum pernah menyentuh alat musik yang satu ini sebelumnya, meskipun ada cara belajar gitar dengan cepat yang dapat di pelajari. Namun meskipun demikian Anda tetap butuh usaha ekstra untuk terus belajar dan berlatih sepanjang waktu agar bisa mahir dalam memainkannya.

Cara Belajar Gitar Dengan Cepat

Cara Belajar Gitar dengan Cepat

Sukses dalam belajar memainkan gitar pada dasarnya bisa dicapai oleh siapa saja, bahkan orang yang sebelumnya belum pernah memainkan alat musik ini sekalipun. Sebenarnya ada cara belajar gitar dengan cepat yang dapat dipelajari, namun banyak pemula yang gampang bosan dan akhirnya menyerah. Hal ini biasa terjadi pada para pemain gitar pemula yang berdalih kalau jari-jarinya terasa sakit atau waktu latihan yang masih kurang. Padahal jari Anda memiliki peranan yang penting saat memainkan gitar. Jari-jari tangan memang harus terbiasa bersentuhan dengan senar gitar agar semakin kuat ketika digunakan untuk menekan berbagai macam kunci. Sehingga, latihan jari pada cara belajar gitar dengan cepat memang diperlukan terutama jika Anda memang belum terbiasa dalam memainkan gitar. Dengan begitu, jari-jari Anda akan lebih fleksibel jika digunakan untuk bermain dari satu kunci gitar ke kunci lainnya. Latihan jari memang sedikit membosankan namun akan membantu mengembangkan ketrampilan dalam bermain gitar secara lebih cepat. Nah, pada kesempatan kali ini Jelas.id akan membagikan informasi tentang cara belajar gitar dengan cepat.

Cara Belajar Gitar Dengan Cepat Dan Mudah

Hal yang Harus Dihindari Ketika Belajar Gitar

Berikut ini merupakan bebarapa hal yang harus dihindari ketika belajar gitar:

  • Hal yang harus dihindari ketika belajar gitar yang peling penting adalah pesimis. Meski Anda belum pernah memainkan gitar sebelumnya, namun hindari sikap pesimis karena ini akan sangat mempengaruhi tekad dan semangat Anda dalam belajar bermain gitar. Belajar gitar dari nol memang tidak mudah, namun jika Anda selalu berpikiran positif maka Anda akan menikmati setiap prosesnya.
  • Menghindari ambisi yang terlalu berlebihan juga penting karena pemain pemula biasanya akan memiliki ambisi yang besar untuk lekas mahir dalam bermain gitar sehingga kadang menjadi tidak sabaran ketika harus melewati proses belajar yang tidak instan.
  • Hal yang harus dihindari ketika belajar gitar yang tak kalah penting selanjutnya yaitu kebiasaan untuk memvisualisasikan chord atau kunci gitar. Jika Anda sudah terbiasa melalukannya maka Anda bisa dengan mudah untuk berpindah dari satu kunci ke kunci lainnya tanpa harus melihat gerakan tangan Anda.
  • Tidak memainkan jari dengan maksimal juga merupakan salah satu kesalahan dalam belajar gitar. Pemain biasanya akan cepat menyerah karena berusaha mendorong tombol di fret hanya dengan satu jari saja itu juga termasuk hal yang harus dihindari ketika belajar gitar.

Beberapa contoh di atas merupakan hal yang harus dihindari ketika belajar gitar. Walaupun terkesan sepele, namun beberapa hal tersebut sukses membuat banyak pemain gitar pemula menyerah dan akhirnya gagal terlebih dahulu sebelum merasakan panjangnya proses belajar gitar yang sesungguhnya. Selanjutnya, Jelas.id akan mebagikan info lengkap mengenai cara belajar gitar dengan cepat.

Cara Belajar Gitar Dengan Cepat Bagi Pemula

Cara Belajar Gitar dengan Cepat

Berikut ini adalah beberap cara belajar gitar dengan cepat yang dapat anda praktekan langsung:

  1. Persiapkan terlebih dahulu gitar yang akan digunakan untuk belajar. Dalam cara belajar gitar dengan cepat ini, Anda sebaiknya memilih gitar yang memang cocok digunakan oleh pemula karena gitar seperti ini memang sudah didesain agar penggunanya lebih mudah dalam memainkan kunci dan not. Selain itu, pelajari juga bagian-bagian dari gitar seperti senar, dawai, jenis kayu, serta tabung resonansinya.
  2. Setelah itu, Anda harus mempelajari chord atau kunci gitar agar Anda bisa lebih mudah dalam memainkannya. Kunci pada gitar terdiri dari A B C D E F G dan kunci-kunci tersebut dikategorikan ke dalam 2 bagian yaitu kunci minor dan mayor. Anda bisa mulai membiasakan jari-jari untuk memainkan kunci sederhana yang wajib dikuasai seperti A, Am, C, D, E, Em, dan G.
  3. Setelah mengetahui dan mempelajari berbagai kunci gitar, cara belajar gitar dengan cepat selanjutnya adalah melanjutkan dengan mempelajari teknik dasar dalam memainkan gitar. Ada sejumlah teknik yang bisa dipelajari, namun yang paling umum adalah teknik downstroke dan upstroke. Teknik ini akan sangat bermanfaat ketika nanti Anda memainkan lagu.
  4. Jika teknik dari cara belajar gitar dengan cepat diatas sudah berhasil dikuasai, maka Anda harus langsung belajar memainkan lagu. Anda bisa memilih lagu sederhana atau lagu-lagu yang berisi nada-nada dasar. Dengan belajar memainkan lagu, Anda tak hanya membiasakan jari dengan perpindahan kunci namun juga langsung mengerti kunci yang sedang dimainkan.

Langkah-langkah di atas merupakan beberapa cara belajar gitar dengan cepat yang dapat langsung Anda prektekkan. Namun, yang harus diingat adalah Anda harus memiliki konsistensi di dalam diri agar Anda tak mudah menyerah ketika menemukan masalah saat belajar. Perbanyak informasi mengenai teknik-teknik baru serta langsung mempraktikannya akan membuat Anda sukses dalam belajar.

Cara Belajar Gitar Dengan Cepat Dan Mudah Untuk Pemula

Tak terlalu sulit, bukan? Cara belajar gitar dengan cepat tersebut juga bisa Anda lakukan sendiri lho asal anda punya kemauan dan usaha yang kuat. Bahkan, Anda tak perlu mengeluarkan banyak uang untuk kursus gitar yang mahal. Nah, jika beberapa langkah di atas Anda terapkan dengan seksama, maka belajar gitar dengan cepat bukan hanya sebuah mimpi. Demikian penjelasan mengenai cara belajar gitar dengan cepat yang bisa Jelas.id paparkan. Semoga penjelasan diatas dapat bermanfaat.