jelas

Cara Belajar Beatbox dan Suara Dasarnya

Cara Belajar Beatbox – Tutorial ini tepat bagi anda yang ingin mengetahui cara belajar Beatbox, tapi sebelumnya apa yang terlintas di pikiran anda ketika mendengar kata Beatbox? Tentu pikiran anda pasti langsung tertuju pada salah satu jenis vokal dimana orang bisa menirukan suara dan ritme seperti yang dihasilkan oleh sejumlah alat musik. Seni beatbox ini biasanya ditampilkan untuk mengiringi orang yang sedang bernyanyi. Jika anda adalah seseorang yang menyukai musik tentu anda sudah tak asing lagi dengan jenis seni yang satu ini. Bahkan mungkin di antara kalian, ada yang bisa melakukannya. Sebenarnya, apa sih beatbox itu? Beatbox adalah salah satu bentuk seni yang menekankan pada produksi berbagai bunyi ritmis dan ketukan drum, alat musik, maupun jenis bunyi yang lain dengan menggunakan organ pengucapan manusia seperti mulut, lidah ,bibir, dan rongga mulut. Suara yang dihasilkan dalam beatbox ini lebih spesifiknya merupakan suara turntable. Orang yang bermain beatbox biasanya sering disebut dengan beatboxer. Seni vokal yang satu ini juga sering dihubungkan oleh orang dengan vokal perkusi dan multivokalisme. Walaupun memang terdapat kesamaan di antara keduanya, tetapi beatbox ini lebih identik dengan musik Hip Hop. Bagi ahli Hip Hop, cara belajar beatbox memang mudah. Tapi beda ceritanya bagi pemula.

Cara Belajar Beatbox

Cara Belajar Beatbox

Berbicara mengenai beatbox, maka kali ini Jelas.id akan membahas sejumlah langkah bagaimana cara belajar beatbox sehingga bisa diikuti dengan mudah oleh mereka yang memang belum memiliki dasar untuk bermain ini sebelumnya. Meskipun demikian, ada beberapa hal yang harus anda camkan di dalam diri anda ketika sudah memutuskan akan belajar beatbox. Ini sangat penting untuk diperhatikan karena akan berpengaruh pada kesuksesan dari kemampuan anda nantinya. Sebelum anda mempraktekkan cara belajar beatbox yang harus anda tekankan, pertama anda tidak boleh malu untuk belajar dan memraktikan suara baru dimana pun anda berada. Selain itu, jangan malu untuk belajar di depan banyak orang meskipun jenis suara yang anda kuasai masih sedikit. Selanjutnya, jangan pernah bosan dan berhenti berlatih meskipun anda mulai kesulitan untuk mendapatkan suara-suara baru. Anda bisa mencari inspirasi dari berbagai sumber atau menonton beatboxer yang sudah handal. Yang terpenting adalah sabar dalam belajar karena sesuatu yang bagus tidak bisa diraih secara instan. Jangan mudah marah atau emosi ketika kemampuan beatbox anda masih di bawah dan sering jadi bahan bercandaan oleh teman-teman anda yang sudah ahli. Tentunya, kebaikan hati Jelas.id akan memberikan cara belajar beatbox yang paling mudah untuk pemula.

Cara Belajar Beatbox Dengan Mudah

Suara Dasar Beatbox

Nah, sebelum berlanjut ke cara belajar beatbox dengan cepat dan mudah, anda harus mengetahui bahwa beatbox hanya memiliki 3 buah suara dasar beatbox yang biasanya sering disebut dengan B T K. Pengetahuan ini sangat penting agar lebih mudah mengaplikasikan cara belajar beatbox di bawah nantinya.

  • B mengacu pada suara dasar beatbox yang sering disebut kick drum atau bass drum. Untuk membuat suara ini, anda harus menutup mulut dengan rapat , dan mengucapkan ‘BU’ atau ‘BUF’ dalam keadaan nafas yang tertahan. ‘BU’ biasanya bisa dilakukan dengan mudah namun ‘BUF’ butuh waktu yang lebih lama untuk dikuasai karena memang lebih sulit. Ini karena huruf U harus diucapkan dengan samar sehingga tidak begitu kedengaran. Yang penting dari jenis suara B ini adalah bahwa anda harus bisa mengeluarkan suara dasar beatbox bass sehingga jangan terlalu fokus untuk memproduksi ‘BU’ atau ‘BUF’ saja.
  • T mengacu pada suara Hit Hat. Cara untuk membuat suara dasar beatbox T ini adalah anda harus mengucapkan ‘Tci’ atau ‘Tchi’. Ucapkanlah ‘Tchi-Tchi-Tchi’ secara berulang hingga mulut anda benar-benar terbiasa dalam mengucapkannya. Jika anda sudah bisa mengucapkan suara dasar beatbox ini dengan lancar dan benar, maka anda sudah bisa membuat suara Hit Hat.
  • K mengacu pada suara dasar beatbox Snare. Di antara ketiga suara dasar beatbox, inilah yang paling sulit karena di sini anda harus mengucapkan ‘K’sambil menarik nafas panjang. Jika anda belum bisa, maka belajarlah untuk mengucapkan ‘K’ lalu ‘Kih’ terlebih dahulu. Kalau sudah bisa, ucapkan suara tersebut dengan menghirup udara seperti orang yang baru sakit gigi. Inti dari produksi suara Snare ini adalah dengan menyedot nafas di area belakang mulut yaitu daerah gigi geraham. Kemudian, ucapkan ‘Kih’ dan biarkan udara lekat di antara gigi. Sauara dasar beatbox ini susah-susah gampang untuk dikuasai.

Suara Dasar Beatbox

Cara Belajar Beatbox

Ini saatnya Jelas.id akan menjelaskan secara rinci mengenai cara belajar beatbox  setelah Anda memahami dan menguasau 3 jenis suara dasar beatbox dan mempelajarinya satu per satu. Andaikata belum menguasainya 100 persen, cara ini juga tetap dapat diuji coba. Siapa tahu, dengan menguji coba cara belajar beatbox ini, teknik suara dasar di atas bakal terlatih sendirinya.

  1. Cara belajar beatbox yang pertama dengan berlatih mengucapkan B T K T B T K T sebanyak 2 kali. Tentu saja, pengucapan tersebut dengan menggunakan bunyi suara dasar beatbox yang tadi telah dijelaskan. Hafalkan ritmenya terlebih dahulu dan ucapkan dengan tempo yang santai. Lakukan secara berulang-ulang hingga lancar.
  2. Selanjutnya, cara belajar beatbox akan menginjak level berikutnya dengan mengucapkan B TT B K TT Bb TT B K TT BB. Ucapkan pola ini dengan tempo yang santai dulu sampai anda terbiasa. Jika sudah bisa, anda bisa menaikkan temponya dengan kecepatan yang anda bisa lakukan.
  3. Terakhir, cara belajar beatbox ini akan Anda kuasai ketika mampu melafalkan B T K T BB T K T B T K T BB T K. Sama seperti yang sebelumnya, berlatihlah dengan tempo yang pelan terlebih dahulu, baru naikkan temponya jika sudah lancar.

Cara Belajar Beatbox Pemula

Nah, itulah beberapa cara belajar beatbox yang bisa Jelas.id bagikan untuk membantu anda agar bisa belajar beatbox dengan cara yang mudah dan cepat. Jika anda sudah bisa menguasai 3 suara dasar dalam beatbox dan mahir dalam mengucapkan tiga pola suara di atas, maka anda bisa membuat pola suara sendiri berdasarkan kreativitas yang anda miliki. Semoga informasi suara dasar beatbox dan cara belajar beatbox ini bermanfaat untuk anda dan selamat mencoba cara belajar beatbox ini ya!