jelas

Cara Belajar Bahasa Inggris dengan Cepat dan Mudah!

Cara Belajar Bahasa Inggris – Di zaman yang semakin maju ini cara belajar bahasa Inggris semakin banyak dicari-cari oleh masyarakat, khususnya generasi muda. Bahasa Inggris tak dapat dipungkiri telah menjadi bahasa internasional yang hampir dipakai dalam berbagai aktivitas dalam keseharian masyarakat di dunia. Anda tentu juga sudah familier dengan bahasa yang satu ini, bahkan mungkin bisa menggunakannya dengan cukup baik karena pernah mempelajarinya di sekolah atau tempat kursus Bahasa Inggris. Anda yang hobi mendengarkan musik pun pasti tak lepas dari lirik-lirik berbahasa Inggris. Tak hanya itu, Anda yang hobi berselancar di dunia maya pun pasti bakal sering sekali menemukan website yang konten-kontennya disajikan dengan memakai Bahasa Inggris. Bahkan, cara belajar bahasa Inggris ini juga berguna dalam mencari pekerjaan, karena biasanya dibanyak perusahaan mewajibkan karyawannya untuk menguasai bahasa asing ini agar lebih mampu memperluas jaringan terutama jika menjalin kerja sama dengan mitra-mitra yang berasal dari luar negeri. Hal ini juga tak bisa dilepaskan dari Bahasa Inggris yang kini telah menjadi “lingua franca”. Artinya bahwa Bahasa Inggris digunakan sebagai bahasa pengantar dalam berbagai hal yang melibatkan penutur bahasa yang berbeda-beda agar maksudnya bisa ditangkap dengan lebih mudah. Nah, cara belajar bahasa Inggris yang baik tentu harus dilakukan dengan rajin dan serius, untuk dapat menguasai bahasa Asing yang satu ini dengan baik.

Cara Belajar Bahasa Inggris

Cara Belajar Bahasa Inggris

Seperti yang sudah dikatakan di atas, melihat Bahasa Inggris yang banyak diperlukan di banyak aktivitas keseharian, maka cara belajar bahasa Inggris ini merupakan hal yang cukup penting. Akan tetapi, untuk sebagian orang mempelajari Bahasa Inggris menjadi momok tersendiri. Sebagian menyerah karena beranggapan mempelajari grammar itu sangat sulit, sedangkan sebagian yang lain takut atau tidak percaya diri untuk berlatih berbicara memakai Bahasa Inggris. Apalagi di Indonesia sendiri, cara belajar bahasa Inggris memang cukup sulit untuk dilakukan sendiri dengan mudah.  Pasalnya, bahasa Inggris merupakan bahasa asing yang hanya diajarkan di sekolah-sekolah atau lembaga informal lain dan belum digunakan secara resmi di lembaga-lembaga tertentu seperti pemerintahan, pendidikan, dan lain sebagainya. Kondisi seperti ini memang kurang mendukung bagi seseorang yang ingin mahir berbahasa Inggris dengan cepat. Meski menguasai Bahasa Inggris memang tak semudah membalikkan telapak tangan, namun bukan berarti kalau Anda tak bisa melakukannya. Ada berbagai cara yang bisa dilakukan untuk bisa mahir dalam berbahasa Inggris selain mengikuti kursus. Nah, Bagi Anda yang ingin mempelajari Bahasa Inggris dengan lebih efektif, kali ini Jelas.id akan berbagi informasi tentang berbagai cara belajar Bahasa Inggris dengan cepat dan mudah.

Cara Belajar Bahasa Inggris dengan Cepat

Tips Mempelajari Bahasa Inggris

Berikut ini adalah beberapa tips mempelajari bahasa Inggris dengan mudah:

  • Jangan hanya fokus pada output tetapi juga input

Fokus pada input merupakan salah satu tips mempelajari bahasa Inggris yang penting untuk diperhatikan. Pasalnya, sebagian besar murid dan bahkan guru Bahasa Inggrisnya sekalipun selama ini berpendapat bahwa kunci untuk menguasai Bahasa Inggris terletak pada kemampuan menulis dan berbicara. Hal tersebut memang tak sepenuhnya salah karena banyak juga orang yang tak takut langsung praktik berbicara meski masih memiliki kosakata (vocabulary) dan justru membuat kemampuan berbicara Bahasa Inggrisnya meningkat dengan cepat sebab telah terbiasa berbicara dengan bahasa ini. Percakapan dengan lawan bicaranya pun sering memunculkan kosakata atau ungkapan-ungkapan baru yang membuat kemampuan Bahasa Inggrisnya makin baik. Namun untuk bisa mahir, seseorang juga harus melatih kemampuan mendengarnya karena kemampuan yang satu ini juga adalah salah satu kunci keberhasilan dalam mempelajari Bahasa Inggris. Untuk itu, Anda harus membiasakan diri untuk mendengarkan kata-kata, ucapan, dan ekspresi Bahasa Inggris dalam waktu yang lama. Dengan membuat diri Anda terpapar dengan kata-kata Bahasa Inggris dalam waktu yang lama, maka kemampuan mendengarkan Anda akan meningkat secara signifikan dan peningkatan kemampuan mendengar ini secara otomatis bakal diikuti dengan peningkatan kemampuan berbicara Anda dalam Bahasa Inggris.

  • Jangan terlalu mempersoalkan grammar

Tips mempelajari bahasa Inggris dengan mudah yang juga penting adalah mengenai grammar. Grammar atau tata bahasa memang merupakan hal yang penting terutama jika Anda mempelajari Bahasa Inggris di sekolah, institusi tertentu, atau tempat kursus. Hal ini mengingat status Bahasa Inggris sendiri di Indonesia yang merupakan bahasa asing, bukan bahasa asli maupun bahasa kedua sehingga grammar menjadi wajib dipelajari agar orang bisa menggunakan Bahasa Inggris yang baik dan benar sesuai dengan tata bahasanya. Meski begitu, agar cepat mahir anda tak perlu menganggap grammar sebagai beban dan harus berpatokan pada grammar setiap saat. Untuk mempelajari kemampuan menulis, grammar memang penting, namun dalam mempelajari kemampuan berbicara dalam Bahasa Inggris biasanya lebih ada toleransi untuk kesalahan-kesalahan yang berbentuk gramatikal atau yang berhubungan dengan tata bahasanya. Inti dari berbicara adalah menyampaikan pesan lewat perkataan. Jadi, meski terdapat kesalahan pada grammar, namun apa yang kata-kata yang diucapkan harus tetap jelas agar maksud yang ingin disampaikan mampu ditangkap oleh pendegar. Meski grammar penting namun ini tak boleh membuat Anda takut untuk berbicara dalam Bahasa Inggris.

  • Praktikan secara berulang

Tips mempelajari bahasa Inggris yang paling berpengaruh pada kemahiran Anda tentunya adalah dengan membiasakannya sehingga Anda memang perlu mengulang-ulang kembali apa yang telah Anda pelajari sebelumnya. Pengulangan harus dilakukan secara perlahan-lahan agar Anda tidak hanya terbiasa namun juga paham dengan apa yang Anda pelajari. Ketika mempelajari Bahasa Inggris di sekolah siswa kurang bisa memperoleh pemahaman yang maksimal sebab terbatas oleh jam pelajaran sehingga siswa hanya memperoleh memori jangka pendek dan cepat lupa dengan apa yang telah diajarkan sebelumnya. Oleh karena itu, melakukan pengulangan secara terus menerus dengan tema yang lebih lambat memang perlu dilakukan sebab ini mampu meningkatkan kemampuan Bahasa Inggrisnya menjadi lebih baik. Dengan melakukan pengulangan pada materi Bahasa Inggris yang sudah dipelajari secara teratur dan berkesinambungan maka hal ini akan membantu pembentukan memori jangka panjang sehingga akan lebih mudah dalam memahami dan mengingat kembali apa yang telah mereka pelajari.

Di atas merupakan tips mempelajari bahasa Inggris yang sangat penting untuk dilakukan ketika Anda belajar bahasa Inggris. Banyak orang yang salah fokus ketika belajar Bahasa Inggris dan berakibat pada gagalnya untuk menguasai bahasa asing yang sangat populer ini. Di antara beberapa fokus yang kurang tepat dalam mempelajari Bahasa Inggris adalah fokus pada output dan grammar saja. Untuk itu, tips mempelajari bahasa Inggris diatas telah memberikan solusi agar Anda tidak gagal dalam belajar bahasa Inggris. Meski output memang penting namun input juga harus ditingkatkan sebab selain menjadi kunci kesuksesan dalam mempelajari Bahasa Inggris, input yang berkualitas akan semakin memperkaya pengetahuan Anda dalam Bahasa Inggris. Sedangkan fokus pada grammar saja biasanya akan menghambat pembelajar untuk menguasai kemampuan berbicara dalam Bahasa Inggris. Selain memperbaiki fokus, pembelajaran secara berulang-ulang juga menjadi cara yang ampuh untuk cepat menguasai Bahasa Inggris. Selanjutnya, Jelas.id akan memaparkan informasi mengenai beberapa cara belajar bahasa Inggris yang dapat Anda prektekan.

Cara Belajar Bahasa Inggris dengan Mudah

Cara Belajar Bahasa Inggris

Berikut ini adalah beberapa cara belajar bahasa Inggris yang dapat Anda praktekkan untuk bisa mahir menguasai bahasa Inggris:

  1. Membaca literature atau teks Bahasa Inggris

Ada banyak sekali cara untuk menambah kosa kata (vocabulary). Salah satunya adalah membiasakan diri untuk membaca teks berbahasa Inggris. Cara belajar bahasa Inggris yang satu ini akan membantu Anda untuk menemukan berbagai macam kosa kata baru yang mungkin belum Anda ketahui sebelumnya. Ini juga akan mendorong Anda untuk mencari tahu arti dari kata tersebut sehingga pengetahuan Anda tentang kosa kata Bahasa Inggris pun semakin lama semakin banyak. Bagi Anda yang hobi membaca novel bisa mengalihkan bacaan Anda pada novel-novel berbahasa Inggris seperti Harry Potter Series karya J.K. Rowling atau Twilight Saga karya Stephenie Meyer. Jika novel-novel tersebut terlalu tebal untuk Anda dan menginginkan novel lain yang lebih cepat untuk dibaca, Anda bisa membaca novel-novel karya John Green seperti The Fault in Our Stars atau novel-novel karya pengarang lain. Untuk bacaan yang lebih singkat Anda bisa membaca berita atau artikel-artikel pendek dalam Bahasa Inggris atau paling tidak membaca blog-blog dengan konten Bahasa Inggris.

  1. Mendengarkan lagu berbahasa Inggris

Tidak perlu setiap hari pergi ke laboratorium Bahasa Inggris untuk meningkatkan kemampuan mendengar Anda. Telinga Anda bisa dilatih untuk terbiasa mendengarkan kata-kata dalam Bahasa Inggris salah satunya dengan mendengarkan lagu. Tentu cara belajar bahasa Inggris yang satu ini cukup mengasyikkan. Pasalnya, memang hampir semua orang suka mendengarkan musik. Tinggal ubah saja haluan musiknya yang tadinya lagu-lagu berbahasa Indonesia ke lagu-lagu berbahasa Inggris. Anda tentu punya penyanyi luar negeri favorit, kan? Nah, dengarkan saja lagu-lagunya. Melatih kemampuan mendengar dengan memutar lagu-lagu berbahasa Inggris selain membantu Anda mendapatkan banyak kosa kata (vocabulary) baru juga membantu Anda mengetahui cara pengucapan kosa kata dalam Bahasa Inggris dengan benar.

  1. Menonton film

Tidak suka menonton film barat? Atau suka menonton film barat tetapi masih menggunakan subtitle Bahasa Indonesia. Cara belajar bahasa Inggris yang cukup mudah dan cepat berhasil salah satunya adalah dengan menonton film dengan dialog bahasa Inggris. Namun yang harus diperhatikan adalah tontonlah film barat tanpa subtitle. Jika Anda tidak paham dengan apa yang diucapkan usahakan untuk menebakknya lewat gerakan-gerakan pemainnya. Dengan terbiasa menonton film barat tanpa subtitle, Anda akan lebih mudah untuk menangkap poin yang diucapkan sehingga jika Anda menghadapi situasi tersebut dalam kenyataan, misalnya berbicara dengan native speaker, maka Anda akan lebih mudah menangkap maksud yang diucapkannya.

Itulah beberapa cara belajar bahasa Inggris dengan mudah dan menyenangkan. Cara-cara tersebut tentu lebih menyenangkan untuk dilakukan ketimbang mempelajarinya secara teori seperti di sekolah atau tempat kursus. Cara-cara di atas juga bisa dilakukan bagi Anda yang ingin mempelajari Bahasa Inggris secara otodidak. Hasilnya tentu tak kalah efektif asalkan dilakukan secara teratur dan dengan tekad yang kuat.

Cara Belajar Bahasa Inggris dengan Baik

Sebenarnya, belajar Bahasa Inggris tak hanya melulu soal grammar. Cara belajar bahasa Inggris pun nyatanya bisa dilakukan dengan cara-cara yang asyik, bukan? Apalagi jika Anda mempraktikkan langkah-langkah yang telah Jelas.id paparkan dengan sungguh-sungguh, maka mimpi Anda untuk bisa menguasai Bahasa Inggris dengan cepat akan terwujud. Demikianlah informasi yang Jelas.id bisa sampaikan tentang cara belajar Bahasa Inggris dengan cepat dan mudah. Semoga bermanfaat dan terima kasih.